Strategi Indomie Merajai Pasar Mie Instant

Perubahan gaya hidup  acap mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Salah satu dari perubahan itu adalah digemarinya mie instan sebagai makanan substitusi nasi. Bahkan kian hari produk ini kian menjadi makanan pilihan konsumen, karena selain praktis dan harganya terjangkau, mie instan juga cukup mengenyangkan perut. Saat ini, Indofood masih merajai pasar mie instan di Indonesia, sekaligus merupakan perusahaan mie instan terbesar di dunia dengan kapasitas produksi 13 milyar bungkus. Selain Supermi, Sarimi, dan Sakura, Indomie merupakan merek andalan Indofood. Begitu kuatnya citra Indomie di pasar sehingga sebagian masyarakat menganggap seolah mie instan itu adalah Indomie (Indomie menjadi Top of Mind mie instan). Dalam Top Brand Index (TBI) periode 2006-2008, Indomie menduduki posisi pertama dengan TBI berturut-turut 65,8% , 66,5% , dan 71,4% pada tahun 2006, 2007, dan 2008 (David, S.S., 2008,  Majalah Marketing-Edisi Khusus TOP BRAND).

Keberhasilan Indomie terus bercokol di urutan teratas Top Brand adalah berkat konsistensi Indomie dalam menjalankan strategi kunci 3A:

a).    Acceptability, yaitu rasa Indomie yang sudah bisa diterima di lidah konsumen (Product).

b).    Avalaibility, produk Indomie mudah diperoleh dimana saja (Place)

c).     Affordability, tercermin dari harga eceran Indomie yag terjangkau (Price)

Sekarang mari kita tinjau dari sisi produk, harga, distribusi, dan promosi yang dilakukan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. terhadap Indomie :

1). Product (Produk)

Brand name yang digunakan adalah Indomie. Satu bungkus Indomie standard memiliki massa 85 gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan, yaitu kecap manis, saus sambal, minyak palm, bubuk perasa dan bawang goreng. Indomie juga tersedia dalam versi jumbo dengan massa 120 gram (Anonim, 2008). Indomie memiliki rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia. Indomie pun selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen yang semakin banyak, terbukti dengan semakin bertambahnya variasi produk Indomie, mulai dari mie goreng, mie soup, mie regional (mie dengan variasi rasa sesuai dengan masakan tradisional daerah-daerah Indonesia), mie premium, serta mie jumbo.

Jenis -Jenis Produk Indomie

produk indomie

2). Price (Harga)

Indomie selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie. Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, di Indonesia, perbungkus indomie dihargai hanya sekitar Rp. 900,- ( Anonim, 2008).

3). Place

Group Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin (www.indofood.com). Di Yogyakarta agen-agen Indofood juga bekerjasama dalam menyediakan Indomie dengan warung-warung seperti Burjo (warung yang menyediakan bubur kacang hijau dan mie instan/mie goreng sebagai menu utama)

4). Promotion

  • Tagline: Indomie Seleraku
  • Iklan      : billboard, iklan TV, sponsor acara
  • Event    : Indomie menggelar ajang membuat lagu ”jingle” untuk pelajar SMA, acara tersebut berjudul Jingle Dare, yang berlangsung pada 24 April 2008.
  • Pembuatan Shop Sign (Spanduk Nama Burjo dengan tema Indomie untuk setiap Burjo di Yogyakarta)

Ditinjau dari aspek product life-cycle, Indomie saat ini berada pada posisi mature, sudah stabil, memiliki brand equity yang sangat kuat sehingga dapat bertahan sebagai Top of Mind merek mie instan. Pada tahap ini Indomie tidak boleh lengah, dalam artian Indomie masih tetap harus mengadakan promosi untuk me-remind customer bahwa Indomie masih exsist, dan selalu berinovasi untuk merejuvenasi produk maupun strategi promosinya. Indomie sempat direbut pangsa pasarnya oleh Mie Sedaap (muncul tahun 2003) sehingga pangsa pasar Indomie menurun, meskipun masih tetap menguasai sebagian besar pasar. Sejak saat itu, menyadari bahwa Mie Sedaap merupakan pesaing yang cukup kuat, Indomie mulai “bangkit dari tidur panjangnya”, Indomie mulai gencar beriklan lagi. Indomie menggunakan endorser artis terkenal seperti 3 Diva, Gita Gutawa, maupun non artis seperti remaja/pelajar. Indomie semakin mengukuhkan bahwa dia masih menjadi mie instan nomor satu di Indonesia. Indomie juga mengadakan acara ”Indomie Jingle Dare” untuk para pelajar SMA yang bertujuan untuk lebih memodernisasi Jingle-nya. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan brand awareness remaja/pelajar mengenai produk Indomie. Indomie melihat remaja/pelajar sebagai customer masa depan, jadi sejak sekarang Indomie mulai memberikan semacam ”edukasi” mengenai Indomie.

Di Yogyakarta, terdapat banyak sekali warung yang menyediakan menu mie instan (disebut Burjo). Untuk membangun relationship dengan Burjo (meskipun tidak semua Burjo), agen-agen Indofood menyalurkan langsung Indomie kepada Burjo. Selain itu untuk memelihara eksistensinya, Indomie juga beriklan dengan cara membuatkan spanduk bertema Indomie yang berisikan nama Burjo (shop sign). Sehingga pada benak konsumen tertanam bahwa Burjo hanya menjual produk Indomie. Hal ini juga merupakan bagian dari marketing mix Indomie.

82 Responses to Strategi Indomie Merajai Pasar Mie Instant

  1. teguh saksana says:

    Mohon maaf, saya minta tolong diberi alamat dan phone distributor dari PT.Indofood (indomie, dll) dan juga dari PT.Prakarsa Alam Sefar (mie sedaap, dll) untuk wilayah DIY. Mohon dibalas. Terima Kasih.

  2. wiwin says:

    mohon maaf, saya minta tolong di beri alamat distributor PT.Indofood(indomie,dll) dan juga dari PT Prakarsa Alam Sefar (mie sedap ,dl) untuk wilayah solo, surakarta . mohon di balas. terima kasih

  3. ari says:

    dimana alamat distributor pt.indofood (indomie,dll)dan pt.prakarsa alam sefar (mie sedap dll).trims

  4. david says:

    Mohon maaf, saya minta tolong diberi alamat dan phone distributor dari PT.Indofood (indomie, dll) dan juga dari PT.Prakarsa Alam Sefar (mie sedaap, dll) untuk wilayah serpong/tangerang. Mohon dibalas. Terima Kasih.

  5. doni arinto says:

    Mohon Informasinnya alamat distributor indomie & mie sedap? doniarinto@yahoo.com. terima kasih

  6. meta says:

    tolong..saya minta alamat emailnya PT.Indofoot(indomie).ini sangat penting bagi penelitian saya.ats bantuannya saya ucapkan byk2 terima kasih.metaferdinand@yahoo.co.id

  7. heni eka says:

    Mohon diberi informasi distributor mie sedap. Saya bermonat jd agen

  8. echox says:

    Mohon saya diberi alamat dan phone distributor dari PT.indofood (indomei) daerah surabaya-sda.
    terima kasih
    ekro_004@yahoo.com

  9. rosaadelina says:

    ya ampun mas haryadha!! Dari kemaren aku baca ni blog buat bikin marketing mix paper pemasaran n gak baca alamat blognya,haha.. ternyata punya dirimu,hohoho :p ^o^v
    maen2 ke blogku lah ya.. thank u mas 😀

  10. watik says:

    mohon maaf..saya minta tolong diberi alamat dan phone distributor dari PT.Indofood (indomie,dll) dan juga dari PT.Karunia Alam Segar (mie sedaap,dll) untuk wilayah surabaya dan sidoarjo.mohon dibalas.
    terima kasih.

  11. aan zuhliana says:

    mohon alamat distributor atau penyalur mi instan indofood atau mi sedap

  12. Sigit Nur Bayu says:

    Mohon maaf, saya minta tolong diberi alamat dan phone distributor dari PT.Indofood (indomie, dll) dan juga dari PT.Prakarsa Alam Sefar (mie sedaap, dll) untuk wilayah DIY. Mohon dibalas. Terima Kasih

  13. Tanti says:

    Mohon alamat distributor atau agen penyalur mi instan indofood di wilayah Yogyakarta. Mohon dibalas.
    Thanks

  14. wiwin says:

    saya mau tanya alamat distributor pt indofood sukses makmur dan pt prakarsa alam sefar untuk wilayah solo, surakarta, sukoharjo.Mohon di balas . terima kasih

  15. aktif suhartini says:

    Mohon saya diberi alamat dan phone distributor dari PT.indofood (indomei) daerah cimanggis depok.
    terima kasih

  16. sri wahyuni says:

    Saya mau tanya alamat distributor Pt. Indofood untuk darah Bekasi Dong…. Tahnks.

  17. Rudy says:

    Salam sejahtera,

    Saya ada buka toko di dekat pasar tepatnya di Jelambar,
    saya minta tolong nomor telepon yang bisa saya hubungi
    untuk order produck Indofood (indomie , dll) dan nomor telepon untuk produk Wings group ( mie sedap dll).
    atas bantuannya saya ucapkan terimakasih

    Salam

    Rudy
    email :juliuschandratanaka@yahoo.com

  18. Wawan says:

    Mohon info distributor produk fast moving indofood (mie instan,snack,dll) daerah jaksel ya…
    Makasih

  19. toto suharto says:

    mohon deberikan alamat lengkap untuk distributor mie instan daerah sekitar kelapa gading atau pulo gadung. tks.

  20. angga says:

    minta tlg di infokan alamat &notel distributor indofood di sby. thanks

  21. ahmad says:

    minta info no telp bagaian expor indo mie

  22. amelia says:

    mohon maaf.

    saya minta tolong diberi alamat dan email PT.Indofood (indomie) divisi seasoning wilayah surabaya
    dan PT.Karunia Alam Segar (mie sedaap) divisi noodle untuk wilayah gresik.

    terima kasih.

  23. ikhsan says:

    mohon maaf..saya minta tolong diberi alamat dan phone distributor dari PT.Indofood (indomie,dll) dan juga dari PT.Karunia Alam Segar (mie sedaap,dll) untuk wilayah surabaya dan sidoarjo.mohon dibalas.
    terima kasih.

  24. sudarmadji says:

    mohon maaf,, saya minta tolong diberi alamat dan phone juga email distributor dari PT. Indofood (indomie,dll) dan juga PT. Karunia Alam Segar (mie sedaap, dll) untuk wilayah tuban dan sekitarnya. mohon dibalas. terima kasih.

  25. yanti says:

    mhon bantuannya….. alamat distributor caband yang ada di kediri. trimakasih

  26. izzah says:

    mohon maaf..saya minta tolong diberi alamat dan phone distributor dari PT.Indofood (indomie,dll) dan juga dari PT.Karunia Alam Segar (mie sedaap,dll) untuk wilayah surabaya dan sidoarjo.mohon dibalas.
    terima kasih.

  27. Wido says:

    mohon maaf,, saya minta tolong diberi alamat dan phone juga email distributor dari PT. Indofood (indomie,dll) dan juga PT. Karunia Alam Segar (mie sedaap, dll) untuk wilayah tuban dan sekitarnya. mohon dibalas. terima kasih.

  28. Robby says:

    Mohon maaf,, saya minta tolong diberi alamat dan phone juga email distributor dari PT. Indofood (indomie,dll) dan juga PT. Karunia Alam Segar (mie sedaap, dll) untuk wilayah surabaya dan sekitarnya. mohon dibalas. terima kasih.

  29. Ferdi Madi says:

    Bersama inikami minta tolong diberi alamat dan phone distributor dari PT.Indofood (indomie, dll) dan juga dari PT.Prakarsa Alam Sefar (mie sedaap, dll) untuk wilayah Cipondoh/tangerang. Mohon dibalas. Terima Kasih.

  30. Indra Wijaya says:

    Mohon maaf,, saya minta tolong diberi alamat dan phone juga email distributor dari PT. Indofood (indomie,dll) dan juga PT. Karunia Alam Segar (mie sedaap, dll) untuk wilayah surabaya dan dan madura. karena saya sangat berminat untuk menjadi agen mie instan.Atas perhatiannya terima kasih

  31. Riccy says:

    Minta alamat distributor Indofood di surabaya. Thanks.

  32. ikrima says:

    saya minta tolong diberi alamat dan phone distributor dari PT.Indofood untuk wilayah Jakarta.sebab saya sangat sangat berminat untuk menjadi agen mie instan.terima kasih atas perhatiannya.

  33. kabita group says:

    mohoon maaf ,saya pedagang indomie rebus yg ada di bandung udah lama enga di perhatikan enga kaya dulu lagi 4 tahun kebelakang ,,dengan suka adanya acara yg di ada indofood dan sarana fromosi buat pedagang…kami merasa udah tidak diperhatikan lagi oleh prodak yang kami jual mohon kepada staf dan direksi indofood walau kami kecil sebagai pedagang indomie rebus tolonglah kami di perhatikan karna kami benar benar menjual prodak indofood terimakasih kabita group 11 cabang warung kopi indomie rebus dan kordinator pedagang mie rebus bandungn kota 150 PIR

  34. frans sumbung says:

    minta tolong alamat distributor pt indofood di wilaya
    surabaya. thnks

  35. frans sumbung says:

    minta tolong alamat pt indofood untuk wilayah surabaya. thanks

  36. Firmansyah says:

    Bang Har, saya Firman diJakarta, saya minta tolong info alamat dan No. Tlp Distributor Indofood yang ada di Surabaya atau Semarang, saya mau buka Agen Indofood di Cepu, Untuk MERTUA saya. Terimakasih banyak atas bantuannya.

  37. wati says:

    tolong diinfokan alama distributor indomie di makassar

  38. muhammad nur sidiq says:

    salam sejatera, kami sedang dalam menata pembukaan toko di dalam perumahaan yg dihuni 2500 Kepala keluarga dengan konsep modern market/ sejenis indomart, alfamart “belanja nyaman hemat harga bersahabat” mohon informasinya untuk Alamat /kami minta tolong diberi alamat dan phone distributor dari PT.Indofood (indomie, dll) dan juga dari PT.Prakarsa Alam Sefar (mie sedaap, dll) untuk wilayah bogor dan depok. dan kami memberikan peluang untuk kerjasama dalam pengisian barang2 di toko kami.Mohon dibalas. Terima Kasih.

  39. abdul hamid zar says:

    ass…. bsa minta alamat no tlp/hp yang bisa dihubungi(marketing PT.Sayap Mas Uyama)?

  40. […] 2.2.Strategi Indomie Merajai Pasar Mie Instant […]

  41. Mursid says:

    alamat untuk mendapatkan harga pabrik di bawah grosir di mana ya? soalnya kami pengin jadi agen indomie yang sukses,gmna caranya dong? trimakasih.

  42. waralaba murah…

    […]Strategi Indomie Merajai Pasar Mie Instant « BangHar[…]…

  43. Aan Ansori says:

    Batas minimum pembelian atau pesan barang didistributor indofood
    berapa ya, dan prosedurnya seperti apa, mohon informasinya, karena saya ingin sekali buka sub distributor indomie.
    Terima kasih atas infonya.

  44. Samsulrosyadi says:

    Gimana caranya ingin jadi agen indomie goreng tolong d kasih tau sama, pt. Indofood..?

  45. deni says:

    Saya cuma mauu tanya…apa indomie bisa sponsori event gitu gaa….

  46. prayono says:

    mohon maaf saya mau kerjasama : saya pengusaha di bidang advertising digital printing, mau memberikan kemudahan untuk promosi harga bersaing bisa nego, kwalitas terjamin…..
    hubungi saya di 081383270808

    tanks

  47. ima says:

    minta alamat indomie n mie sedap wilayah surabaya dunk… thanks…

  48. dina selvianti says:

    wahhh…
    memang indofood ini sangat banyak ya cabang nya di indonesia ini..
    tao gak aku buat CD interaktif nya lho..
    indofood is the best..

  49. Purwanti says:

    Saya minta tolong diberi alamat dan no tlp Distributor Indofood (Indomie) wilayah Sby dan Distributor Mie Sedaap wilayah Sby Terima Kasih.

  50. zaenuri says:

    SAYA MINTA ALAMAT DISTRIBUTOR MIE SEDAAP UNTUK WILAYAH KAL-TENG/KAL-SEL

  51. hans.permana says:

    Tolong informasi distributor indomie wilayah tangerang.terimakasih

  52. tolong emailnya atau alamatnya bagian marketing indomie n mie sedapdong

  53. ahmad anwar says:

    saya tinggal di tamiang layang kalimantan tengah, syarat apa aja yg harus dipenuhi untuk menjadi agen distribusi produk indomie.

  54. laila juniasari says:

    tolong informasikan distributor agen indomie n mie sedap? kirim ke emali laila.fata@yahoo.com

  55. laila juniasari says:

    ralat untuk wilayah tegal. makasih

  56. hari says:

    Bisa dibantu tempat distributor untuk mie sedap, indomie, dan supermie di jawa timur…mohon dibantu kirimkan via email ke alamat email kami haroe_29@yahoo.com. terima kasih

  57. novi indriyani says:

    sy novi di bandung ,, bulan november tgl 17 nanti, di sekolah anak sy , pg-tk-sd santo yusup jln cikutra bandung. ada acara open house dan bazar,. kalo sy pengen mie sedap jd sponsor tuk acara panggung dan bazar nanti, boleh or bisa gak ya,, n caranya gmn?,,, mohon balasannya,,, my phone no 082116610111

  58. Henny m says:

    Alamat indofood disby

  59. […] haryadhaagustian.wordpress.com […]

  60. […] haryadhaagustian.wordpress.com […]

  61. Mira yunita says:

    Tlng bagaimana cara jadi agen produk indofud,dan alamat distributor indofud di jogjan klaten.Thanks…Tlg bls.

  62. Lany says:

    tolong saya minta alamat atau telp distributor indomie daerah tomang atau grogol, makasih email lanluc99@yahoo.com.
    terima kasih

  63. ahmad.ms says:

    Tlng saya minta alamat dan no tlpn distributor daerah makassar

  64. nanang says:

    mohon kirim alamat distributor mie instan di daerah bogor. terima kasih

  65. rikki says:

    mohon kirim alamat distributor mie instan di daerah jakarta

  66. kherawati says:

    Saya ingin menjadi distrubutor indomie, tolong kasih informasinya. Dtunggu informasinya, terima kasih

  67. muksin says:

    tolong minta alamat dan no tlp ditributor di daerah bekasi untuk makanan dan mie instan karena kami membuka toko baru terima kasih m\ohon di balas.

  68. arie says:

    tolong minta alamat dan telp distributor PT indofood dan PT karunia alam segar ( mie sedap ) daerah surabaya

  69. Dian Ekawati says:

    Mohon diberikan alamat serta no tlp Distributor PT Indofood dan PT.Karunia alam segar ( mie sedap ) daerah jakarta timur

  70. fitria says:

    saya berminat untuk menjadi distributor indomie di daerah probolinggo jatim,mohon infonya thx

  71. minta no phonenya skrg..sya butuh utk 1000 dus…mkasih
    siapa yg hrus saya hubungi utk bgian pemasaran..

  72. Adnan says:

    Mohon maaf, saya juga minta tolong diberikan alamat dan no telp. distributor PT. Indofood (indomie dll.) dan juga distributor PT. Prakarsa Alam Sefar (mie sedap dll). Terimakasih atas jawabannya.

  73. budi winarko says:

    Mohon maaf,, saya minta tolong diberi alamat dan phone juga email distributor dari PT. Indofood (indomie,dll) dan juga PT. Karunia Alam Segar (mie sedaap, dll). karena saya sangat berminat untuk menjadi agen mie instan.Atas perhatiannya terima kasih. email walcuy@gmail.com

  74. agra says:

    mohon maaf..saya minta tolong diberi alamat
    dan phone distributor dari PT.Indofood
    (indomie,dll) dan juga dari PT.Karunia Alam
    Segar (mie sedaap,dll) untuk wilayah
    Yogyakarta.mohon dibalas.
    agravarindra@gmail.com

    terima kasih.

  75. jusmiati says:

    Tolong info alamat distributornya di makassar, ini email sy joeztanokbege@yahoo.com
    Thanks

  76. ruziman says:

    Mohon mintak no tlp pt.indofood dan sekar alam

  77. ruziman says:

    Tolong info alamat dan tlp distributornya di palembang.
    Trim’z

  78. nuryati says:

    Tolong info alamat dan tlp distributornya di palembang.
    Trim’z

  79. usman says:

    mohon alamat distributornya pt.indofoot (indomie.dll) dan pt. karunia alam segar (mie sedaap) dan bagaimana prosedur jadi agennya

  80. Mohon alamat kantornys

  81. robert says:

    mohon dibantu kirim nomor komtak dan alamat distributor indomie di bogor atau jaktim, sy mau tambah produk di toko grosir sy, terima kasih

  82. Lutfihasani says:

    Halo selamat sore mengenai distributor indofood untuk kota Pemalang masih ada peluang mohon solusinya trimakasihpak

Leave a comment