Minuman Energi KUKU BIMA, Merangkak Menuju Leader Market

Kukubima_Energy_Drink

Oleh : Muhammad Iqbal

Persaingan di kategori minuman energi sangat ketat. Diperlukan suatu strategi marketing mix yang handal untuk dapat tetap masuk maupun bertahan dalam persaingan tersebut. Kuku Bima Ener-G sebagai pendatang baru minuman energi menunjukkan eksistensinya dengan mengoptimalkan unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif. Sebagai hasilnya, Kuku Bima Ener-G dapat mereduksi pangsa pasar market leader minuman energi (Extra Joss). Bahkan Kuku Bima Ener-G kini telah meraih gelar “Top Brand 2008” minuman energi sebagai wujud kepuasan pelanggan.

Pelanggan

1). Produk (Product)

Kuku Bima Ener-G adalah merek dagang dari minuman energi produksi PT Sido Muncul. Produk minuman energi ini diluncurkan pada tahun 2004, Dalam peluncurannya, Kuku Bima Ener-G memecahkan mitos bahwa minuman energi selalu berwarna kuning, dengan rasa yang serupa. Berbagai varian Kuku Bima Ener-G terdiri dari macam-macam rasa dan warna, dengan kandungan yang tak jauh dari produk serupa, yakni kafein. Hingga kini Kuku Bima Energi telah memiliki 6 varian rasa: orisinal, anggur, jeruk, kopi, jambu, kopi, dan teh. Dua yang disebut belakangan baru diluncurkan pada 2007.

2). Harga (Price)

Saat pertama kali diluncurkan, Kuku Bima Ener-G memiliki harga 20 % lebih murah dibangingkan produk. Di pasaran, satu kotak  produk Kuku Bima Ener-G berisi 6 sachet memiliki harga Rp 2.500,00. Untuk keluaran terbaru dengan bentuk sediaan botol 150 ml, Kuku Bima memiliki harga Rp 2.250,00.

3). Distribusi (Place)

Kuku Bima Ener-G memperluas cakupan distribusinya ke toko-toko yang bukan sekadar berjualan jamu, seperti warung, rombong rokok, hingga outlet modern. Tidak kurang dari 100.000 pedagang jamu (baik yang menetap maupun keliling) pun ikut membantu distribusi produk ini.

4). Promosi (Promotion)

Program promo yang dilakukan untuk pedagang yaitu memberikan kesempatan memilih hadiah emas murni ataupun barang-barang elektronik bagi pedagang yang mau mengambil 3 karton hingga 160 karton Kuku Bima Ener-G. Kampanye komunikasi Kuku Bima selalu berbalut CSR (Corporate Sosial Responsibility). Mulai dari Mbah Marijan, Chris John, para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang pernah disiksa majikan di negeri jiran, hingga Laskar Mandiri (pengamen, pengojek, tukang semir sepatu, pedagang jamu gendong, pemulung, dan pengasong), digandeng menjadi model iklan Kuku Bima Ener-G. Untuk aktivitas merek lainnya, Kuku Bima kerap mensponsori program-program yang membidik pasar pria wanita di atas 24 tahun, dengan status sosial ekonomi C, D, dan E. Misalnya saja program olah raga tinju serta kompetisi menyanyi dangdut ”Stardut” yang tayang di TPI. Selain itu, komunikasi melalui berbagai media juga dilakukan untuk memperluas upaya promosi.Kuku-bima

Kepuasan pelanggan yang ditunjukkan dengan peningkatan market share Kuku Bima Ener-G

Sebagai pendatang baru dengan menawarkan diferensiasi dari beragam rasa, penjualan Kuku Bima Ener-G terus saja membengkak. Target penjualan pada tahun 2007 sebesar satu miliar sachet dapat terlampaui. Pada tahun  ini pula Kuku Bima Ener-G dapat merebut pangsa pasar sebesar 11,8 % yang menempati posisi ketiga top brand minuman energi yang ada setelah Extra Joss (45,6%) dan Hemviton (20,2%)(sumber : AC Nielsen). Pada bulan Juli 2008, penjualan Kuku Bima Ener-G menyentuh angka tertinggi, yakni 200 juta saset per bulan. Padahal, pada awal diluncurkan, Kuku Bima Ener-G hanya mampu terjual 5 juta saset per bulannya.

Saat ini, dunia persaingan minuman energi sangat ketat. Hal ini dapat dilihat dari ‘perang’ minuman energi yang ditayangkan di televisi, baik dalam bentuk iklan, talkshow, dan termasuk membagi-bagikan hadiah khususnya dalam acara-acara olah raga. Tiga macam minuman energi Top Brand (Extra joss, Hemaviton, Kuku Bima Ener-G) seolah-olah bertempur tiada henti dalam upayanya mempengaruhi mind set pelanggan dan kemudian tergerak untuk membelinya.

Dalam hal ini, Kuku Bima Ener-G sebagai pemain baru dalam minuman energi menunjukkan keberhasilan strategi marketing mix yang dijalankannya. Menjadi pemain baru tentu tidaklah mudah. Salah satu entry barrier di kategori ini adalah komunikasi pemasaran. Tak heran jika Extra Joss sebagai market leader memiliki budget iklan yang lebih besar dibandingkan dengan pesaing lainnya yaitu sekitar 180 milyar pada tahun 2006 (sumber : Hidayat, T., 2007, Kala Market Leader Menjadi Follower, Artikel)

Secara logika, tentunya jika suatu produk dengan budget iklan yang rendah, maka ia akan tenggelam oleh iklan market leader. Uniknya, Kuku Bima Ener-G yang memiliki budget iklan yang lebih rendah dibandingkan Extra Joss yaitu sekitar 30 milyar (tahun 2006) kini mampu menggerus pangsa pasar dari Extra Joss. Oleh karenanya, Extra Joss seolah sedang “berduel” melawan Kuku Bima Ener-G. Duel yang dilakukan adalah pada bagaimana masing-masing produk optimal dalam unsur marketing mix-nya.

Ditinjau dari segi produknya (Product), Kuku Bima Ener-G dapat dengan cepat menerobos pasar  karena keberaniannya berinovasi. PT Sido Muncul merupakan pelopor pengubah image mengenai minuman energi yaitu produk minuman energi harus berwarna kuning dengan rasa yang agak masam. Sebagai langkah pengubah image tersebut, diproduksilah Kuku Bima dengan berbagai varian rasa. Dampak dari inovasi tersebut ternyata mendapat respon pasar yang sangat baik. Oleh karenaya, PT Sido Muncul semakin giat berinovasi dengan menambahakan varian rasa baru pada produknya. Di lain sisi, keberhasilan PT Sido Muncul dalam meluncurkan varian rasa akhirnya direspons PT Bintang Toedjoe.  Anak usaha  PT Kalbe Farma ini pun ini akhirnya meluncurkan Extra Joss varian rasa pada awal 2007.

Jika dipandang dari segi harganya (Price), Kuku Bima Ener-G ternyata memiliki harga yang lebih murah dibandingkan Extra Joss. Untuk produk dalam bentuk saset, Kuku Bima (Rp 2.500,00) memiliki harga yang lebih murah dibandingkan Extra Joss (Rp 3.500,00). Hal ini tentunya memberikan kesempatan besar bagi pelanggan untuk lebih hemat dalam berbelanja dan tentunya menjadi daya tarik besar bagi mereka. Menjadi daya tarik memberi pengertian bahwa pelanggan akan lebih memilih Kuku Bima Ener-G yang khasiatnya tidak jauh berbeda dengan Extra joss. Jika pelanggan ingin Kuku Bima dalam bentuk cair (1 botol = Rp 2.250,00), maka pelanggan dapat memperolehnya dengan harga juga yang lebih murah dibandingkan produk Extra Joss cair (1 kaleng = Rp 3.500,00). Dengan demikian, Kuku Bima memungkinkan memperoleh pelanggan yang lebih banyak.

Tinjauan dari segi distribusinya (Place), Kuku Bima Ener-G akan mudah sekali didapat oleh pelanggannya. Produk ini telah tersalur di berbagai tempat, baik itu warung, toko, swalayan, bahkan warung bubur kacang hijau (burjo) pun menyediakan Kuku Bima. Distributor unik dari Kuku Bima adalah para pedagang jamu. Jumlah pedagang ini cukup banyak sehingga di daerah-daerah sangat terpencil pun dapat terjangkau. Akibatnya, pelanggan pun mendapat kemudahan untuk memperolehnya. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh Extra Joss. Namun demikian, Extra Joss berusaha menjaga penurunan omset penjualannya  dengan mendirikan Warung Joss di berbagai daerah, meskipun pada dasarnya Extra Joss masih lebih unggul dalam hal distribusinya (Warjoss).

Jika disorot dari segi promosinya (Promotion), sebenarnya konsep strategi yang dijalankan PT Sido Muncul tidak jauh berbeda dengan PT Bintang Toedjoe. Keduanya sama-sama menggunakan sosok endorser yang diasosiasikan dengan produk untuk memperkuat brand ekuitasnya. Keduanya juga sangat gencar meniklankan produknya di berbagai media. Hanya saja, pilihan endorser-nya yang berbeda. Meskipun PT Sido Muncul bukan perusahaan baru, mereka dalam posisi ingin merebut pasar minuman energi. Menjadikan Mbah Maridjan dan Chris John sebagai endorser untuk mengorbitkan Kuku Bima Ener-G merupakan keputusan riskan yang diambil PT Sido Muncul. Chris John bisa kalah kapan saja. Demikian juga dengan Gunung Merapi, bisa meletus kapan saja. Namun, ternyata keputusan tersebut berbuah manis dikarenakan penjualan Kuku Bima justru meningkat hingga 300 %. Padahal biaya iklan yang dikeluarkan PT Sido Muncul lebih kecil dibanding biaya iklan PT Bintang Todjoe (sumber : Hidayat, T., 2007, Kala Market Leader Menjadi Follower, Artikel).

Selain dari faktor 4 P di atas, Kuku Bima Ener-G sebenarnya lebih mudah diterima pasar karena produk ini menggunakan merek yang telah dikenal konsumen, yaitu dari produk Kuku Bima TL (kategori jamu). Kuku Bima TL telah meraih beberapa penghargaan yaitu Best Brand dan ICSA (Indonesia Customer Satisfaction Award) 2002. Keseluruhan award yang telah dicapai tersebut memberi dampak positif pada Kuku Bima Ener-G. Hal ini karena Kuku Bima Ener-G tidak perlu bersusah payah untuk membangun brand. Dengan demikian, keputusan manajerial oleh pimpinan PT Sido Muncul untuk mengembangkan varian baru berupa produk minuman energi dengan mengekstensifikasi merek yang telah berkembang adalah tepat.

Dampak dari marketing mix yang dijalankan PT Sido Muncul pada Kuku Bima Ener-G benar-benar dapat terlihat ketika Kuku Bima Ener-G  menyandang gelar Top Brand 2008. Kuku Bima pun mampu memasok 65% dari total omzet PT Sido Muncul (sumber: Wulandari, D., 2008, Jeli Membaca Kelemahan Pesaing, MarketingXtra).

Hal ini mengindikasikan bahwa market share Kuku Bima semakin meluas dan mereknya telah berhasil mempengaruhi perilaku pembelian pelangan. Artinya konsumen/pelanggan merasa nyaman dengan apa yang telah dilakukan produk tersebut untuk mereka, konsumen merasa sesuai dengan harga produk, konsumen mudah mendapatkan produk , serta produk senantiasa berada dalam mind set konsumen.

58 Responses to Minuman Energi KUKU BIMA, Merangkak Menuju Leader Market

  1. Adi says:

    Sy kmrn buka kopi kuku bima dan mendapatkn hologrm tp gak berupa nilai uang hanya hologrm lambg sidomuncul.apkh hologrm spti itu bs dtukarkn dgn hadiah?,tlg dkrm contact pt.sidomuncul agar sy bs menanyakn ttg holgrm itu.thx

  2. Yang terhormat pimpinan PT.Sidomuncul.Saya selaku pengamat dan konsumen kuku bima energi rosa.ingin bertanya,apa yang menjadi kriteria untuk menjadi karyawan tetap PT.SIDOMUNCUL.

  3. Bambang says:

    sy d wilayah 3 cirebon. bgaimana caranya sy dapat kuku bima dnegan harga murah??ada program ga?

  4. Leo Ravi says:

    Sdh beberapa hr ini sy cr2 info seputar Kuku Bima. Syukur skrg dah ketemu. Kami dr krng taruna Desa Pulau Batu kec. Jjhn Ilir Kab. Bungo-Jambi membutuhkan Sponsor kegiatan Turnamen sepakbola Bintang Timur Cup ke-6 yg diikuti 64 Club mulai tgl 14 Nov – 23 Des 2009. Km mhn bantuannya. Kemn km hrs mencari distributor kuku bima di wilyh km. Km tggu blsannya. Trmksh

  5. Nono Sutrisno says:

    Saya sebagai offroader/pembalap asal jabar mengharapkan sekali kuku bima bisa ambil adil untuk menjadi sponsor saya,dan bisa mengubungi saya langsung ke no.08122437077.Trimakasi semoga kuku bima maju terus

  6. sapril says:

    mau gak ikut jadi sponsor road race yang akan kami adakan pada 7 februari 2010 nanti

  7. juanto says:

    PT Wahanaartha Motorental merupakan Perusahaan Rental Motor yang Pertama dan Terbesar di Indonesia

  8. didik says:

    saya diwiliyah surabaya dimana saya bisa mendapatkan kuku bima dengan harg murah krn saya ingin sekali jd agen kuku bima dan apa aja syaratnya

  9. ikhwan says:

    izin ngopy artikel,ya. boleh?
    untuk keperluan pendidikan : tugas kuliah di kampus.

  10. rezpati says:

    Anda katakan ada 3 minuman energi top brand…hemaviton,extra joss,kuku bima,lantas Kratingdaeng yg memang sebagai market leader Energy Drink masuk kategori apa ya??

  11. Nuri says:

    Sy mdpt sms dari no 085213185798 yg mengatakan bhw sy mdpt hadiah 32 jt dr promosi KUKU BIMA ENER G dah hrs menghbngi bpk rizwan sbg bendahara di no 081314950995, sy yakin ini penipuan, hati hati

  12. Deny says:

    Sy mendapatkan sms dari 085696679818 yg isinya sy mendapatkan undian dari kukubima enerG sebesar 50jt, awas hati2 penipuan, mohon kepada yg bersangkutan di tindak lanjuti, sebelum banyak korban yg lain. Terimakasih

  13. priyo says:

    hari ini kamis 23 Des 2010 jam 19.24, Sy mendapatkan sms dari 089671360954 yg isinya sy mendapatkan undian dari kukubima enerG sebesar 25jt dan di minta menghubungi no. 085696641777. Saya yakin ini penipuan, mohon pihak Sido Muncul mengantisipasi secepat mungkin agar tidak ada pihak2 yang dirugikan. Terimakasih

  14. pimen bangka says:

    barusan saya dapat sms “selamat anda resmi diberikan hadiah(RP.45jt) dari KUKU BIMA ENERGI No.pin 1d1e2c3e u/info hubungi: 081311605555 pengirim; SIDO MUNCUL, THX tlong kpd pt sido muncul hrus di tindak lanjuti segera. thx kmi merasa dirugikan.. terimakasih

  15. surianto says:

    barusan saya mendapat undian hadiah langsung dari PT Sido Muncul Kuku Bima yaitu berupa 1 unit mobil Honda Jazz no seri 47i pin: 1one, mohon segera konfirmasinya apakah ini benar atau penipuan.

  16. roby says:

    malam..bgmn mau ngajuin kerja sama
    saya punya ide minuman kuku bima untuk di waralabakan apakh bisa,,,,
    kuku bima shake atu di blade campur susu..n toping
    bgmn cara ngajuin kerja samanya..

  17. sobirin says:

    saya akan menggelar Kompetisi sepak bola di kab. pemalang JATENG. pada 10 April s.d 12 Juni 2011. apakah kuku bima minat utk masuk menjadi sponsor kami…??? hubungi SOBIRIN, S.Pd. 081802866234

  18. mukijo says:

    tadi sore saya dapat sms dari 818, selamat anda mendapatkan hadiah Rp.15 juta dari kuku bima energi.u/info hub ktr PT.SIDO MUNCUL O21-32253954.
    Apakah nomor telefon tersebut nomor kantor PT.SIDO MUNCUL ?

  19. IMAM says:

    Kami akan menyelenggarakan Parade musik Metal (underground) level propinsi dengan bintang tamu Dreamer jakarta, di Lamongan bulan juli 2011.. kami mengundang dan membuka peluang kerjasama sponsorship

  20. nesia says:

    pagi ini sya mndptkn sms dari sid@muncul (818), tulisannya menginformasikan saya dpt hadiah 15jt, apa itu benar nomor center asli sidomuncul dan saya benar dpt hadiah atau penipuan?
    Trmksh.

  21. zuta says:

    sama…dapat sms dari sid@muncul (818), tp no tlp nya 021 28807758

  22. sri says:

    saya mau nanya saya tadi dapet SMS mengatakan bahwa saya mendapatkan undian yamaha mio dari nomor 085289561728 dan ktanya harap hubungin nomor 081337226367.
    apa sms ini bener atau cuma penipuan,,
    mohon penjelasannya

  23. sri says:

    ini nomer saya 082138078164 yang mendapatkan SMS pemberitahuan dari kuku bima energi
    dengan PIN 3e17c1d untuk info hub: PT.SIDO MUNCUL 081337226367,,,,,
    mohon penjelasannya

  24. erik fernando says:

    PT. sidomuncul yg terhormat… saya pelanggan tetap kuku bima… saya mau nanya… apakah pt. sido muncul ada membagikan kupon hadiah langsung???
    karna 2 hari yang lalu saya mendapatkan kupon yg di tanda tangani oleh direktur utama PT.sido muncul dan kapolda metro jaya…. dan satu kupon hologram.. waktu saya gosok hologram nya… tertulis “SELAMAT…..!!!! ANDA MENDAPATKAN HADIAH UTAMA 1(SATU) UNIT TOYOTA AVANZA” apakah kupon itu benar2 di keluarkan oleh pt. sidomuncul… tolong di konfirmasi secepat nya ya… terima kasih….

  25. aanto says:

    kami pingin menjdi agen kuku bima,tolong ksh tau kriterianya. end almt distributornya

  26. anis says:

    Wuah pagi ini saya juga dapat kiriman seperti temen2, Sim Card mendapat hadiah 15jt dr Kukubima Ener-G dan diminta menghubungi PT. SIDOMUNCUL 021-28801097

  27. irwan says:

    Tadi pagi saya dapat sms dari PT.SID@MUNCUL isinya :
    Slmt SimCarD Anda Resmi mnangkn Hadiah Cek Rp 15jt Di Psembakn oleh KUKUBIMA ENER-G! INFO hUb kntr: PT.SIDOMUNCUL (021)342 98934. TOLONG KOMFIRMASINYA DARI PIHAK SIDOMUNCUL KEBENARANNYA . TERIMA KASIH

  28. alfer says:

    Pagi ini sya mndptkn sms dari sid@muncul (818), tulisannya menginformasikan saya dpt hadiah 15jt, apa itu benar nomor center asli sidomuncul dan saya benar dpt hadiah atau penipuan?
    Trmksh.

  29. george says:

    Pagi ini saya mendapatkan sms dari sidomuncul (818) mengatakan selamat sim card anda mendapat hadiah cek tunai sebesar 15juta,dan disuruh telp ke 021-3662417…

    Mohon ditindak lanjuti jika mmg ini adalah penipuan agar tdk ada yg mjd korban penipuan, dan mohon diberikan penjelasannya ke publish jika mmg itu bnr kira2 sprt apa. Thx be 4

  30. vivi says:

    sama dgn kedua tmn2 yg diatas apa itu bnr???

  31. dodol says:

    SAMPAI HARI INI, APAPUN OPERATOR HP NYA, BELUM ADA DAN TIDAK AKAN ADA HADIAH YANG DIBERIKAN VIA SMS!!

    jadi itu semua bohong…hati hati yaa

  32. Suzi says:

    Mohon ditindak lanjuti kebenaran sms ini!
    (PT.SIDOMUNCUL)Selamat!!
    SimCard anda mndptkan Cek Tunai Rp.15jt, dri KukuBima Ener-G! U/info Hub;
    PT.SIDOMUNCUL
    021 36261229

  33. Si keren says:

    @ Suzi : sama. tp suzi langkah selanjutnya u ngapain?
    tolong konfirmasinya… sebelumnya saya sudah menelepon salah satu operatornya… apakah itu asli?

  34. istiajit says:

    saya mndpat hadiah undian sebsar 100jt dri kuku bima….mhon knfirmasi kbnarannya…….trmkasih

  35. sabri says:

    dalam hal menyangkut dana bantuan 75 jt kukubima yang mana saya sabri telah dikirim sms oleh nomor 085399821447 yang mana harapan saya mintak tidak lanjuti persoalan dana bantuan 75 jt kukubima karena mau informasi lebih jelas apakah benar sebuah dana bantuan 75 jt kukubima ini akan diberikan oleh nomor hp saya sabri 085383750615 yang mana berisi sebuah sms yaitu :”Slamat’Pemilik”No08583837XXXXResmi”Di berikan DANA”BANTUAN Rp.75jt Dr Kuku Bima Energi”Info hub:Ir.MULYADI 085381005555 Plaksana:PT.SIDOMUNCUL.dan kalaulah memang benar ini ada mohon dihubungi nomor saya 085383750615 dan email arnoldi_raflesia@ymail.com,kalu lah memang salah informasi dari pihak saya sangat merugikan dan saya akan laporkan pihak yang berwajib tolong diperjelaskan oknum seperti jangan sampai keduakalinyaterimaka

  36. wong dermayu says:

    Mohon jelaskan program utk pedagang yang ditawarkan Sidomuncul mengenai produk kuku bima energi lebih rinci dan saya harus menghubungi kemana……..trims…

  37. ronald says:

    saya ditelpon dan menjawab petanyaan dgn benar dan mendapat uang Rp.8 juta dr kuku bima…
    mohon diteliti kembali,,,
    apakah penipuan
    terima kasih….

  38. m syafi'i says:

    pagi ini saya mendapat sms dri SIDOMUNCUL. selamat no anda mendapat hadiah Rp 100 juta hub 021-3000xxx/085888854xxx
    TOLONG KOMFIRMASINYA DARI PIHAK SIDOMUNCUL KEBENARANNYA . TERIMA KASIH

  39. sibolangx says:

    Lhoh. . . . . . . . . Aku y oleh Sms ngunui. , . . . .jare oleh Hadiah 15jt . . . Bner po ra iki . . . .

  40. sibolangx says:

    Lhoh. . . . . Aku yo oleh sms jare oleh hadiah kuk. . .tp kok d hp no atas nama sidomuncul.pdhal no iku blm prnh k save d hpku. . . Piye iki . . Bner po ra oleh hadiah. . . .

  41. Beli says:

    Beli…

    [...]Minuman Energi KUKU BIMA, Merangkak Menuju Leader Market « BangHar[...]…

  42. lluph dia says:

    forr al creeww…..!! numpang nanya…!!
    saya dapet sms dari no baru gsm… PT.SIDOMUNCUL:selamat…!!! simcard anda mendapatkan cek rp 10 jt.dr KUKU BIMA ENER-G
    U/ info hub PT SIDOMUNCUL NO 021*******

    emang bener yah…. emang sido muncul lg ngadain acara atau even tertentu g2?

  43. asni says:

    hari ini saya ditlp katanya dari kuku bima, saya menang undian 4,6 jt plus pulsa 500 rb, katanya sih marketing kuku bima namanya h sujana, gampang banget ya, make mrk dagang buat nipu….

  44. win says:

    tgSelamat!!! Anda
    Mendapat Hadiah
    Cek;Rp,100jt dari
    Kk’Bima ENERG!!
    Di undi td’mlm di
    (ANTV),Pkl.23;30.
    Hub,Call,Center;
    085287231111
    Pengirim;
    PT.SIDOMUNCULl 08-12-2011 saya dapat sms dari pt sido mucul apa pt sido muncul ngadain undian???

  45. adi says:

    dpt sms dari 081287167627
    SELAMAT…..!
    SimCard anda berhasil mendptkan Cek Tunai Rp. 10jt
    dari KUKUBIMA ENER-G! U/info hub:
    PT.SIDOMUNCUL
    021-4058-6487
    021-5060-6239

    pesan ini benar apa tidak ya, mohon penjelasannya

  46. Rahmat says:

    nama saya rahmat no.hp :085697760836

    saya dpt sms dari SID@MUNCUL
    SELAMAT…..!
    SimCard anda mendptkan hadiah Rp. 15jt
    dari KUKUBIMA ENER-G! U/info hub:
    PT.SIDOMUNCUL
    021-44529078

    mohon penjelasannya pesan ini benar apa tidak ya,

  47. Vien says:

    mau tanya nih….
    Komunitas Motor kami akan melakukan acara Anniversary yang ke -6,kami mengharapkan perusahaan Kuku Bima bisa menjadi sponsorship untuk kami…kalo ingin mengirim proposal kami bagaimana??apa melalui email atau lgsg dtg??trimakasih

  48. sofyan says:

    kepada PT. Sido Muncul, kami dari SMK AL-AZHAR Kota Banjar mau mengadakan kunjungan industri. bila kami mengunjungi Pabrik PT Sido Muncul bisa atau tidak ? Apabila bisa kami harus menghubungi siapa ?

  49. jual kaos says:

    jual kaos…

    [...]Minuman Energi KUKU BIMA, Merangkak Menuju Leader Market « BangHar[...]…

  50. Rini Dwi says:

    SELAMAT!! Anda Men-dpt’HADIAH Rp.45juta dari KK,BIma ENER-G! Di Undi tadi mlm PKL’23:30/RCTI. Hub”kantor”pst 085311873353 Drs.H.ARIANTO Pengirim SIDOMUNCUL
    Sya sllu dpt Sms ni, Mohon segera dikonfirmasi kebenarannya & segera ditindak lanjuti .

  51. puteri says:

    salm sejhtera smua. dimana mau cari kukubima untuk d ngepos ke malaysia,ada siapa tahu gimna cranya

  52. puteri says:

    lupa boleh email me cnicyah@yahoo.com

  53. Nickcartak says:

    kat KL byk jual la Puteri….kat kedai jamu indon tepi jalan tu mesti ade jual pnye….satu kotak Rm5 = 6 sachets

  54. Coming and join us … get our more bonus…

    [...]Minuman Energi KUKU BIMA, Merangkak Menuju Leader Market | BangHar[...]…

  55. I just could not go away your website before suggesting that I actually loved
    the usual info an individual provide for your visitors? Is gonna be again regularly to check up on
    new posts

  56. Hi to all, how is all, I think every one is getting more
    from this web page, and your views are fastidious in favor of new
    visitors.

  57. I enjoy what you guys are usually up too. Such clever work and coverage!

    Keep up the great works guys I’ve you guys to my own blogroll.

  58. Nikole says:

    Magnificent beat ! I wish to apprentice while you amend your
    website, how could i subscribe for a blog site?
    The account aided me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright
    clear concept

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: